Sunday, August 14, 2011

Istilah - Istilah yang sering muncul diajang balapan kelas dunia.

Di dunia balap kita sering tidak mengerti istilah - istilah yang ada di balapan. Padahal sebenarnya artinya sepele, apalagi jika seseorang yang newbie alias baru saja tahu, pasti tidak akan mengerti. Komentator balapan juga sering sekali mengucapkannya, seperti saat balapan motoGP ataupun Formula One (F1). Nah apa sajakah istilah - istilah tersebut??

Coba perhatikan istilah berikut, apakah anda tahu istilah dibawah ini??
Simak Penjelasannya.
1. Tikungan Chicane
Tikungan Chicane Adalah istilah untuk menggambarkan sirkuit yang didalamnya mempunyai tikungan Letter S. Chicane sendiri kalau kita lihat adalah sebuah tikungan kekanan lalu kekiri ataupun sebaliknya dengan jarak antar tikungan sangat pendek.
ScreenShot For Chicene



2. Late Brake
 Late Brake / Late Braking adalah istilah yang digunakan para pembalap saat melakukan pengereman terlambat, atau melakukan pengereman lebih dekat dengan tikungan.
Pada Gelaran MotoGp, istilah ini sering digunakan komentator saat seorang pembalap menyalip pembalap lain di tikungan setelah lintasan lurus. Biasanya bisa disebut LATE BRAKE karena seorang pembalap melakukan pengereman dijarak yang lebih dekat dari pada pembalap didepannya, jadi dia bisa menyalip ditikungan.
ScreenShot For Late Brake
 Diajang MotoGP akan terlihat seperti ini, Lorenzo Left Braking For Rossi

3. UnderSteer & OverSteer
Apa lagi ini?hehe Ok Understeer adalah kondisi ketika anda menikung dan ternyata harus menambah putaran stir karena mobil terasa akan terlempar keluar lintasan. Mobil cenderung lurus, meski setir sudah dibelokkan karena kehilangan grip (daya cengkram) ban depan.
sedang Oversteer kebalikannya ketika anda menikung dan ternyata terlalu tajam sehingga anda harus memberikan counter arah stir. Disebabkan ban belakang kehilangan cengkeraman. Akibatnya, bagian buritan mobil bergeser atau melintir
4. Overtake & Overlap
Overtake atau Overtaking ialah istilah yang digunakan saat suatu mobil atau motor menyalip lawan didepannya. Menyalip gitu deh kalo bahasa indonesianya. Sedangkan Overlap adalah istilah yang digunakan saat seorang pembalap menyalip seorang pembalap dalam dalam jangka waktu satu putaran lebih banyak daripada pembalap yang telah disalip. Contoh : Pembalap A menempuh 12 putaran melakuan overlap terhadap pembalap B yang menempuh 11 putaran. Tentunya dalam waktu bersamaan, alias pembalap B lebih lambat daripada pembalap A.
 5. DownForce
Downforce adalah Daya / Gaya dorong ke bawah dibuat oleh karakteristik aerodinamis dari sebuah mobil. Tujuan dari downforce adalah untuk memungkinkan mobil untuk melaju lebih cepat melalui sudut dengan meningkatkan gaya vertikal pada ban, sehingga menciptakan daya cengkram ban yang lebih. Downforce ini sangat akrab di dunia Formula One (F1), Karena disinilah teknologi ini dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi angin dan angin knalpot, mau tahu apa sih yang membuat mobil F1 bisa melaju cepat tanpa kuatir mobil bisa terbang?hehe lihat gambar Sceenshotnya berikut ini :
ScreenShot For F1 Downforce


6. Blown Diffuser
Blown Diffuser setahu saya ialah sebutan untuk sayap belakang f1 yang berfungsi untuk mengatur laju aerodinamis angin yang keluar dari knalpot. Dimusim 2011 sekarang telah dilarang penggunaan blown diffuser ini. Nah, Blown diffuser ini juga berfungsi untuk meningkatkan Downforce pada mobil F1.
ScreenShot For F1 Blown Diffuser




7. Kinetic Energy Recovery Systems (KERS)
KERS adalah sistem otomotif dimana energi kinetik dari sebuah mobil f1 yang didapat dari energi pembuangan saat pengereman dan disimpan dalam reservoir (misalnya roda gila atau baterai) untuk kemudian digunakan kembali untuk meningkatkan dorongan pada kecepatan. Misalnya saja KERS ini digunakan saat akan memulai start dan saat overtake. Berikut adalah video tentang Kers
Video For F1 KERS


8. Drag Reduction System (DRS) 
Drag Pengurangan System (DRS) adalah perangkat yang diperkenalkan pada tahun 2011 Formula Satu musim yang bertujuan mengurangi drag aerodinamis dalam rangka untuk Memudahkan Overtake.

Sistem Kerja DRS membuka sayap belakang (yang ketika tertutup menciptakan lebih downforce untuk menikung lebih besar) untuk mengurangi downforce, sehingga memberikan kecepatan mobil mengejar dan kesempatan lebih besar untuk menyalip mobil di depan.

Video For F1 DRS

Sceenshot For F1 DRS


Nah baru itu yang bisa saya posting, kalau ada yang mau nambah Coment!!
Semoga bermanfaat !!

Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Suka Online